Welcome to our online store

Selasa, 22 Juli 2014

Wisata Sumber Semen

$0
Wanawisata Sumber Semen terletak di desa Gading, kecamatan Sale. Lokasinya sangat jauh dari pusat kota Rembang. Dari Lasem ke arah selatan sampai di Sedan, belok ke kanan, arah menuju Jatirogo dan Bojonegoro. Sebelum sampai di perbatasan Sale dan Tuban, simpang tiga ke kanan, sekitar 7 km sampailah di lokasi. Letaknya di hutan jati, suasana alam dengan suara-suara beraneka ragam serangga hutan menghiasi tempat wisata ini. Karena lokasinya yang sangat jauh, ± 50 km dari kota Rembang membuat objek wisata ini sepi pengunjung. Kemungkinan itu pula yang membuat Sumber Semen hanya tingggal sisa-sisa bangunan yang tidak terawat.

Di sepanjang jalan di dalam objek tampak bekas-bekas tempat persinggahan yang sekarang, pada tahun 2010 tinggal pondasi dan tiang-tiangnya saja serta beberapa yang masih beratap. Begitu pula tempat penjualan tiket masuk, kini hanya seperti gardu pos kamling yang dipenuhi sarang laba-laba. Terdapat kolam renang yang berada persis di samping aliran sungai. Mata air pun sangat jernih mengaliri sungai ini. Di pinggir-pinggir sisi kolam renang dihiasi patung-patung, suasananya pun sangat kental dengan nuansa alam. Tidak terawatnya kolam renang dan fasilitas-fasilitas lain di tempat wisata ini membuat kolam tampak keruh. Terlihat jelas kolam ini tidak pernah dikuras selama bertahun-tahun sehingga banyak ditumbuhi ganggang dan lumut. Kolam yang semula dipakai berenang pun kini menjadi kolam ikan.

Satu hal yang membuat objek wisata Sumber Semen banyak menarik minat wisatawan di masa lalu adalah keberadaan gua Rambut. Gua ini berukuran kecil dan disini terdapat ular yang konon menurut cerita local ular ini adalah ular mistik penunggu Gua Rambut. Tetapi pada September 2010 saat penulis mengunjungi wanawisata Sumber Semen, Gua ini kosong dan sudah ditumbuhi akar-akar pepohonan. Patung yang dulunya berdiri disamping gua ini pun sudah rubuh dan tenggelam di sungai yang mengalir di depan gua ini. Dilihat dari sisa-sisa bangunan dan patung yang cukup banyak dijumpai di objek wisata Sumber Semen, maka dapat disimpulkan kalau dahulu tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Di saat sekarang sebenarnya bisa saja objek wisata ini dihidupkan kembali menjadi tempat wisata alam yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkemahan untuk mendidik generasi penerus agar mencintai alam dan peduli terhadap lingkungan.
Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Creating Website | M.Fathul Aziz |
Copyright © 2014. All Rights Reserved
Created by Creating Website Published by M.Fathul Aziz