Welcome to our online store

Selasa, 22 Juli 2014

Lontong Tuyuhan

$0.9
Warga Rembang dan sekitarnya pasti tak asing dengan hidangan ini. Namanya lontong tuyuhan, berupa irisan lontong yang disiram dengan kuah opor ayam yang kental pedas. Paduan antara lontong yang padat lembut, dengan kuah opor gurih sedap plus ayam yang lembut enak.

Sekilas, lontong tuyuhan ini tampak seperti lontong opor pada umumnya. Namun rupanya kuahnya lebih kental. Dari kuahnya tercium aroma rempah yang digunakan. Lontongnya juga bukan dibuat memanjang ataupun bentuk ketupat, namun berbentuk segitiga dan dibungkus dalam daun pisang.

Saat dinikmati, lontong ini memiliki rasa yang lebih pedas dengan rasa rempah yang sedap. Bumbu utamanya terdiri dari kemiri, bawang merah dan putih, jintan, ketumbar, daun salam serta serai yang dimasak bersama santan kental. Jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang memiliki tekstur daging lebih lembut.

Lontong tuyuhan berasal dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Rembang. Konon, resep lontong tuyuhan sudah diturunkan lewat beberapa generasi. Lontong tuyuhan diracik di pikulan yang terbuat dari bambu dan rotan. Konsep kedai lontong tuyuhan juga umumnya seragam, yaitu menyediakan dingklik atau bangku kayu dan meja panjang. Untuk minumnya, pengunjung bisa menenggak air langsung dari kendi.

Untuk menikmati cita rasa yang otentik, pengunjung bisa datang ke Pusat Penjualan Lontong Tuyuhan di Rembang. Biasanya dijual sekitar Rp. 7.000,00 perporsinya. Yang unik, tak hanya sepiring lontong sedap saja yang bisa Anda nikmati. Namun mata juga dimanjakan dengan dengan pemandangan desa dan pegunungan. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik lokasi ini.
Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Creating Website | M.Fathul Aziz |
Copyright © 2014. All Rights Reserved
Created by Creating Website Published by M.Fathul Aziz